SELAMAT DATANG DI PNPM MPd KAB. OGAN ILIR

Senin, 09 Juni 2014

Peningkatan Kapasitas Melalui pelatihan Monitoring

  



P
NPM MPd adalah sebuah program yang mengusung dan berpihak pada kebutuhan masyarakat menengah kebawah di wilayah perdesaan, dimana program ini sangat berguna dan bermanfaat bagi kebutuhan masyarakat, karena program ini menjawab apa yang di butuhkan Masyarakat bukan saja menjawab apresiasi kebutuhan infrastuktur tapi juga berupaya meningkatkan  Kapasitas Masyarakat melalui sebuah pelatihan-pelatihan .
Pelatihan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas infrastruktur yang di bangun oleh masyarakat .  Dengan diadakannya pelatihan ini masyarakat bisa mengerti dan memahami apa yang menjadi tugas pokok dan fungsi tim monitoring diwilayahnya masing-masing. Dari hasil pelatihan ini diharapkan para peserta bisa menerapkan dan mengimplementasikan apa yang didapat dari Pelatihan tim Monitoring. Karena tim monitoring bukan hanya memberi pengawasan terhadap infrastruktur/sarana prasarana,Pendidikan,kesehatan dan SPP (Simpan Pinjam Perempuan) tapi cenderung memperbaiki pola pikir manusia itu sendiri. Pelatihan ini dilaksanakan didesa Talang Seleman selama satu hari efektif yang di hadiri ± 117 peserta dari 13 belas desa yang berpartisipasi dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2013 dengan jumlah dana Rp. 8.452.000,- dari BLM DOK TA. 2013 

 Dari hasil wawancara dengan salah satu peserta pelatihan yang bernama Yunita dan  Alhudori dari desa tebedak II dan rengas I, mengaku bahwa dengan adanya pelatihan seperti ini saya merasa senang dan bangga bisa terpilih sebagai peserta pelatihan  untuk mewakili desa saya, ungkap kedua peserta tersebut. Dengan adanya pelatihan dan pertemuan seperti ini saya dapat menambah ilmu pengetahuan dan berbagi pengalaman/sharring dengan teman –teman sesama peserta.  Saya tidak pernah absen dari kegiatan karena ini adalah bentuk tanggung jawab saya kepada desa, impian saya sangatlah besar ungkap Bapak Alhudori dari desa rengas I saya ingin desa saya menjadi desa maju dan mandiri, terbebas dari kebodohan dan keterbalakangan, saya tidak ingin melihat generasi muda di desa saya merasa minder oleh keterpurukan keadaan, maka dengan hadirnya program ini menjadikan saya lebih semangat untuk memajukan desa rengas I,
Kami juga melakukan wawancara dengan PJOK Kecamatan Payaraman Bpk Hasan Basri bahwa beliau juga senang dengan adanya kegiatan seperti ini karena dapat meningkatkan dan menambah wawasan masyarakat karena program ini mengusung aspirasi masyarakat menengah kebawah.  Saya selalu mengikuti perkembangan program ini karena sejak adanya program ini tahun 2019 s/d 2013 dengan berberapa ganti fasilitator saya masih di percaya sebagai penanggung jawab kegiatan  program  PNPM di tingkat kecamatan. Harapan saya agar program ini tetap berlanjut, mengingat masih banyak wilayah di perdesaan yang masih perlu diperhatikan oleh pemerintah dan berbagai pihak yang berwewenang,  terutama akses jalan dan pendidikan. Karena dua hal tersebut merupakan factor utama dalam masyarakat untuk dapat  bebas dari keterpurukan. Dengan akses jalan yang memadai maka masyarakat dapat meningkatkan perekonomian dan memperlancar kegiatan sehari-hari dan dengan pendidikannya yang baik di harapkan tidak ada lagi anak-anak yang putus sekolah karena tidak ada biaya, tidak bisa membaca dan menulis. Semoga program ini selalu berpihak pada masyarakat menengah kebawah yang masih dan selalu untuk di perhatikan karena menurut data yang ada dikecamatan payaraman bahwa orang miskin di wilayah ini ÷ 70 % miskin terutama dipelosok-pelosok.
 Gambar ini merupakan  salah  satu potret kemiskinan masyarakat desa rengas II di kecamatan Payaraman. Saya selaku PJOK sangat prihatin dengan  keadaan tersebut. Semoga melalui program pemberdayaan masyarakat yang berbasis DOUM (Dari oleh dan untuk masyarakat ) seperti ini dapat menjadikan masyarakat bebas dari kemiskinan. Semoga program ini selalu menjadi kebanggan masyarakat umumnya dan kita bersama khususnya, dan melalui pendampingan fasilitator –fasilitator yang handal kami percaya kecamatan payaraman akan terbebas dari kemiskinan dan menjadikan proram PNPM di percaya dan menjadi kebanggaan Masyarakat. (Rikayanti/FK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar