SELAMAT DATANG DI PNPM MPd KAB. OGAN ILIR

Kamis, 24 Juli 2014

PENINGKATAN JALAN TITIAN YANG MULANYA TERBUAT DARI KONSTRUKSI KAYU BERALIH KEKONSTRUKSI BETON DI DESA TANJUNG AGUNG

Desa Tanjung Agung merupakan desa yang terletak diwilayah perairan Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan. Yang dulu katanya desa ini dikenal sebagai Kampung yang dilewati oleh sungai perairan batang hari, dimana mayoritas penduduknya sebagian bermata pencaharian sebagai nelan, bedagang dan berwiraswasta. Adapun beberapa bangunan didesa ini dulunya sebagian besar terbuat dari bahan konstruksi kayu, seperti rumah penduduk , sarana transportasi seperti jalan dan jembatan.Namun dengan adanya perkembangan jaman , semakin hari semangkin banyak penduduk yang berdomisili di daerah tersebut, kebutuhan untuk, jalan setapak sangat penting yang dibangun dengan kontruksi kayu yang tidak bias dilewati oleh motor,maka melalui program PNPM-MP ini bias terselesaikan kontruksi dari beton.
Diawal tahun dua ribuan desa Tanjung Agung pun mulai mengalami perkembangan khususnya pada sarana Infrastruktur. Yakni sudah banyak masyarakat yang membangun rumah dengan menggunakan konstruksi beton tentunya dengan tiang beton dan dinding batu bata. Selain itu jalan desa atau jalan dusun yang awalnya terbuat dari konstruksi kayu mulai beralih ke konstruksi beton. Sebagai contoh Jalan Titian Beton, jika di perhatikan pada saat sekarang ini hampir sebagian besar jalan sudah menggunakan konnstruksi beton, dimana dalam pemeliharaannya jalan dengan konstruksi beton lebih mudah perawatannya dari pada jalan yang terbuat dari konstruksi kayu.
Sejak masuknya program PNPM-MP pada tahun 2008 yang sekarang sampai saat ini telah dengan perlahan masyarakat pun mulai terpikir dan tertarik mengganti Jalan-Jalan Titian yang awalnya terbuat dari konstruksi kayu mulai beralih kekonstruksi beton bertulang, sehingga sebagian besar masyarakat Tanjung Agung banyak sekali yang mengusulkan untuk pembuatan Jalan Titian Beton karena jalan selain sebagai sarana transportasi juga sangat mendukung dan berperan seta dalam perekonomian masyarakat di desa Tanjung Agung ini. Sebagaimana dapat kita lihat bersama pada contoh gambar diatas, dimana pada gambar diatas diperlihatkan gambar jalan titian terdanai oleh Program PNPM-MPd, baik gambar situasi awal dan proses pengerjaannya.
Demikian sepenggal cerita singkat dari saya, disini saya merupakan Fasilitator Pemberdayaan yang  tergabung di Program PNPM – MPd tentunya masih masih banyak kekurangan yang harus saya lengkapi, dan tak lupa jua saya ucapkan Terima kasih kepada Tim Faskaf yang selama ini telah memberikan binaan dan bimbingannya.(Dodik Sanjaya/FK Indralaya)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar