Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan
Teknologi Informasi adalah
suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, dengan memproses,
mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk
menghasilkan informasi yang berkualitas. informasi yang dimaksudkan adalah
informasi yang akurat, relevan, dan tepat waktu, yang dapat digunakan untuk
keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan. Teknologi
Informasi juga akan membuat informasi menjadi lebih mudah dan murah digunakan,
dipindahkan, dan dirawat.
Program
Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan telah mengakses dan
menggunakan Teknologi Informasi melalui Sistem Informasi Manajemen
(SIM) guna menunjang dan mempermudah pengelolaan data dan informasi yang ada di
program. Manfaat dikembangkannya SIM PNPM Mandiri Perdesaan adalah membuat pelaporan kegiatan mulai tahap perencanaan,
pelaksanaan hingga pertanggungjawaban menjadi lebih mudah dan cepat. Data dari
tingkat desa, setelah proses verifikasi dapat diakses pemangku kepentingan di
tingkat yang lebih tinggi,
Baru-baru ini
telah dilakukan louncing Aplikasi SIM yang baru guna melengkapi dari aplikasi
yang sebelum nya yaitu aplikasi Protak dan Protan.
Adapun tata cara
pengopersian program ini dapat dibaca dibawah ini :
Untuk
mengoprasikan aplikasi ini terlebih dahulu kita harus mempunyai sinyal
internet, yang pertama harus kita lakukan ialah login dengan membuka situs. www.pnpm.datacomm.co.id, maka akan
mulcul dilayar computer seperti gambar disamping. Pada tampilan layar disamping
bisa dilihat secara umum tampilan menu dash board. Apabila bila diklik menu
dash board akan muncul tampilan menu – menu pilihan Seperti dash board
aktivitas yang terdapat beberapa item pilihan, dash board Chs terdapat beberapa
item, dash board keuangan, dash board SDM, dan dash bord umum. Semua menu yang
ditampilkan merupakan data yang di isi oleh masing – masing kecamatan yang
sudah mulai mengunakan aplikasi ini. Pada tampilan awal ini bisa dilihat atau
diakses oleh semua orang yang mau mengetahui progres kecamatan di semua wilayah
hanya dengan memasukan nama dari jenis PNPM, dari, sampai, quartal dan tingkat.
Untuk masuk kemenu utama atau
pengisian proses tahapan yang pertama harus dilakukan adalah login kemenu
masuk, kemudian isi nama pengguna FT/FK dan mengisi kata sandi lalu klik
masuk. Maka akan muncul menu – menu
seperti gambar di samping. Contoh jika kita klik menu aktivitas, maka akan
muncul item perencanaan, pelaksanaan , spp dan lpp, master data dan laporan.
Yang biasa sering kita update ialah misal item perencanaan, jika di klik maka
akan muncul tahapan tahapan perencanaan. Seperti MAD Sosialisasi (MADI), Musdes
Sos (MDI), Pelatihan KPMD, Gagasan Review RPJMDes, Pel. TPK, MKP, Musdes
Perencanaan (MD II), Verifikasi Usulan, MAD Prioritas Usulan (MAD II)
Musrembang Des, Desain dan Rab, Pelatihan Upk, Musrembang Kecamatan, MAD
Penetapan Usulan, Musdes Informasi Hasil MAD.
Misalkan kita Klik item Pelaksanaan,
maka akan tampil item, Proses pelelangan, monitoring, HOk pekerja dan MDPJ dan
Musyawarah desa pertanggung jawaban dan MDST (Musyawarah Desa Serah Terima).
Semua item tersebut ter followup di satu polder pelaksanaan. Pada menu Uep dan
SPP jika di klik maka akan tampil item pelihan, MencariSPP dan UEP,MenambahData
SPP dan UEP, Menghapus
Data SPP dan UEP. yang dapat di klik untuk pengisian data. Dan menu terakhir pada menu aktivitas adalah
pelaporan. Pelaporan ini merupakan bahan jadi dari masing-masing data yang
sudah kita input pada menu-menu yang sebelumnya, menu pelaporan juga dapat di
prin dan dicetak.(SS)
semoga bermanfaat.....
BalasHapus