SELAMAT DATANG DI PNPM MPd KAB. OGAN ILIR

Minggu, 26 Oktober 2014

KEGIATAN BAKTI SOSIAL UPK KEC. PEMULUTAN BARAT



Foto bersama Ibu Hj. Fauziah Mawardi Yahya
 Ketua TP PKK Ogan ilir
Kegiatan Bakti Sosial  kecamatan Pemulutan Barat dari hasil surplus tahun 2013 dilaksanakan pada tanggal 24 September 2014, kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ogan Ilir Ibu Fauziah Mawardi Yahya serta anggota juga turuh hadir  Kaban BPMPD Dicky Syailendra serta Dinas instansi terkait lainnya.
Dalam sambutannya Hj Fauziah Mawardi Yahya mengharapkan kegiatan social ini dapat terus dilaksanakan karena bermanfaat untuk masyarakat dan beliau menghimbau kepada kelompok SPP untuk dapat mengembalikan dana tepat waktu sehingga surplus dapat lebih besar lagi.
Penyerahan Bantuan secara simbolis oleh ketua TP PKK
Kepada UPK dan kelembagaan beliau mengatakan agar dengan adanya kantor Baru dapat lebih meningkatkan motivasi dan semangat dalam  melayani masyarakat karena patut berbangga karena untuk di Kabupaten Ogan Ilir ini baru 2 (dua) Kecamatan yang berhasil membangun kantor. Selanjutnya beliau juga berterima kasih kepada  PNPM Mandiri Perdesaan yang  telah membangun gedung PAUD di setiap desa dalam kecamatan Pemulutan Barat ini,  hal ini telah mendukung Program Satu Desa Satu PAUD yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud),
Pelaksanaan Sunatan Massal di Kec. Pemulutan Barat
Kegiatan Bakti Sosial di Kecamata Pemulutan Barat ini berasal dari Dana surplus Simpan Pinjam Khusus Kelompok Perempuan (SPP) yang dikelola oleh UPK. Adapun besar dana Surplus tersebut adalah  sebesar Rp. 337.721.24, dana tersebut dialokasikan untuk penambahan modal  Rp. 280.711.243, dana untuk kegiatan kelembagaan Rp. 13.027.000,- Bonus UPK Rp. 4.900.000,-sedangkan untuk dana kegiatan Bakti sosial sebesar Rp. 39.083.000,-
Dana untuk kegiatan Bakti sosial tersebut berdasarkan rapat kelembagaan  dan disetujui di Musyawarah Antar Desa Kecamatan Pemulutan Barat digunakan untuk kegiatan : Sunatan Massal, Bantuan Sembako untuk RTM dan Bantuan Kaki Palsu.
Pelaksanaan Sunatan Massal
Kegiatan sunatan massal  dilaksanakan pada 50 orang anak yang kurang mampu, kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai serbaguna dan Gedung Paud Talang Pangeran Ulu, untuk kegiatan pembagian sembako berikan pada 55 orang manula yang diserahkan secara simbolis kepada 5 orang penerima, selebihnya diantar langsung kerumah masing-masing penerima.
Kegiatan Simpan Pinjam Khusus Kelompok  Perempuan di Kecamatan Pemulutan Barat ini mulai ada pada tahun 2009 dan terus berlanjut sampai saat ini. Adapun modal awal Unit Pengelola Kegiatan (UPK) yang berasal dari dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) PNPM Mandiri Perdesaan adalah  Rp. 1.596.000.000, dan saat ini modal tersebut telah bertambah menjadi Rp.   1.973.398.336  dengan jumlah kelompok aktif yang dilayani saat ini adalah 152 kelompok yang beranggotakan 5- 10 orang.
Ketua TP PKK Ogan Ilir berbincang dengan Pelaku PNPM MPd

Acara bakti sosial ini sekaligus juga meresmikan gedung UPK yang telah berhasil dibangun oleh Kecamatan Pemulutan Barat ini dengan ditandai pengguntingan pita oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ogan Ilir. Gedung UPK  ini berukuran 10 M x 10 M.dan besar biayanya adalah Rp.180.002.000 terletak di desa Talang Pangeran Ulu.
(Hj. Siti Sulaiha/Faskab)
  



Pembagian Sembako Bakti Sosial ke penerima manfaat
Pembagian Sembako
 Bakti Sosial ke penerima manfaat


Pembagian Sembako Bakti
 Sosial ke penerima manfaat



Pembagian Sembako Bakti Sosial ke penerima manfaat

Penerima Bantuan Sembako
 Bakti Sosial Kec. Pemulutan Barat

Pembagian Sembako Bakti Sosial ke penerima manfaat


Pengguntingan Pita Gedung UPK




Penyerahan Sembako secara simbolis


foto bersama dengan ketua TP PKK
Kab Ogan Ilir




Tidak ada komentar:

Posting Komentar